Sabtu, 08 Juni 2013

Pemerintah Luncurkan Program Pembangunan Infrastruktur Kompensasi Subsidi BBM

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) segera meluncurkan Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan (P4) Infrastruktur senilai Rp6 triliun. Program tersebut dilakukan sebagai upaya mengurangi beban hidup masyarakat miskin akibat perubahan besaran subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).
”PU ditugasi untuk bangun infrastruktur dasar bagi masyarakat miskin di perdesaan dan perkotaan yang terkena dampak dari kenaikan harga BBM,” terang Menteri PU Djoko Kirmanto kepada para wartawan di Jakarta, Rabu (5/6).
Dalam acara temu wartawan tersebut turut mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian PU, Agoes Widjanarko, Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air Mohammad Hasan, Direktur Jenderal Cipta Karya Imam S. Ernawi dan Kepala Pusat Komunikasi Publik, Danis H. Sumadilaga.
Anggaran P4 Infrastruktur tersebut berasal dari penghematan atau pemotongan anggaran Kementerian/Lembaga yang dihimpun Pemerintah. Kementerian PU yang pada awalnya ditargetkan pemotongan sebesar Rp6,1 triliun pada akhirnya melalui Rapat Kerja dengan Komisi V DPR-RI dikenakan pemotongan senilai Rp3,8 triliun.
Djoko Kirmanto menjelaskan program P4 Infrastruktur Kementerian PU terbagi menjadi tiga jenis yaitu P4 Infrastruktur Sumber Daya Air (P4-ISDA), P4 Infrastruktur Permukiman (P4-IP) dan P4 Sistem Penyedian Air Minum (P4-SPAM). Ketiga P4 tersebut masing-masing mendapatkan alokasi senilai Rp2 triliun.
”Intinya semua program ini akan dibangun dengan tenaga masyarakat sendiri atau pemberdayaan masyarakat dan bersifat labor intensif,” sebutnya.
(PU rw by Gie)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar